Virus Corona Mungkin Tidak Akan Hilang

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa virus corona (Covid – 19) diprediksi mungkin tidak akan permah hilang. Mereka melihat covid 19 ini akan ada di bumi dalam waktu yang lama, dan bahkan tidak akan hilang. Mereka juga mnegatakan perlahan manusia harus belajar dan memahami untuk hidup dengan covid 19.

WHO juga mengingatkan, tidak ada jaminan untuk membendung adanya gelombang kedua virus corona. Meskipun ada kebijakan pembatasan dan juga lockdown, tidak menentukan virus itu akan pergi begitu saja.

Dilansir dari Chnnel News Asia pada hari Kamis 14 Mei 2020. Sejumlah negara memang sudah mulai melonggarkan kebijakan pembatasan atau pun lockdown. Hal ini dilakukan guna untuk membatasi penyebaran virus corona (Covid – 19) semakin luas. Tetapi WHO kembali mnengingatkan, bahwa bisa saja covid 19 ini tidak akan pernah hilang seluruhnya.

Seperti yang diketahui, virus corona (Covid – 19) ini pertama kali muncul di Wuhan, China. Virus ini muncul pada akhir tahun lalu yaitu Desember 2019. covid19 ini telah menginfeksi 4,2 juta orang bahkan lebih dang mengakibatkan 300 ribu orang di seluruh dunia.

Virus Corona Bisa Menjadi Endemi

Organisasi yang berada di bawah PPB ini mengatakan, virus corona mungkin dapat menjadi virus endemi seperti virus lainnya di dalam masyarakat. Seperti sama hal nya dengan HIV, yang belum bisa hilang sampai sekarang ini dan kita telah menerima dan belajar menghadapi virus HIV tersebut.

Michael Ryan Direktur Darurat WHO menambahkan, lebih dari separuh populasi yang ada di dunia menerapkan lockdown sejak mewabahnya virus ini di negara mereka. Tetapi WHO memperingatkan, tidak ada jaminan pelonggaran pembatasan ini tidak akan memicu datangnya gelombang kedua covid 19.

WHO terus merekomendasikan, untuk setiap negara tetap dalam tingkat kewaspaan yang sangat tinggi. Karena, virus ini masih sangat sulit untuk di prediksi sehingga semua tidak ada yang tau kapan wabah virus corona (Covid – 19) ini akan berakhir. Selain itu, untuk mengembalikan dunia seperti kepada keadaan normal, nantinya akan memperlukan upaya dan usaha yang sangat besar.

READ  Budaya Jakarta Yang Wajib Diperkenalkan Kepada Anak – Anak

Ryan mengatakan, lebih dari 1000 vaksin sedang dikembangkan dan dipersiapkan. Beberapa masih dalam uji klinis. Tetapi para ahli keseulitan untuk menemukan vaksin yang efekti, yang dapat mencegah virus corona (Covid – 19).

Direktur Darurat WHO Michael Ryan, menekankan kepada seluruh negara untuk meningkatkan kewaspadaan yang ekstra. Hal ini dikarenakan beberapa negara yang menemukan kembali kasus baru covid 19. Contohnya, seperti kasus di Korea Selatan kasus corona yang ada di klub malam.

Sehingga WHO berharap, negara Korea Selatan, Jerman, dan China mampu menekan kembali kasus klaster covid 19 dan terus melakukan pengujian dan kewaspaan yang ekstra. Sehingga kehidupan normal masyarakat dunia, khususnya di Indonesia kembali normal. Sehingga perekonomian Dunia juga ikut kembali pulih seperti sediakala.

Comments are closed.