5 Tips Melakukan Whatsapp Marketing

Di era teknologi dan internet yang sudah maju saat ini anda bisa memanfaatkan berbagai hal untuk menunjang bisnis. Melakukan promosi lewat sosial media menjadi lebih efektif saat ini. Untuk menunjang bisnis anda, pelajari strategi marketing whatsapp yang cukup ampuh untuk memasarkan berbagai produk.

Keuntungan pertama dari menggunakan whatsapp sebagai sarana promosi adalah jumlah penggunanya. Jumlah pengguna aktif whatsapp di seluruh dunia mencapai angka 1.5 miliar. Jika anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik, maka bisnis anda bisa lebih maju.

Cara Melakukan Pemasaran via Whatsapp

Sebagai aplikasi chatting, whatsapp tidak memiliki ruang bagi penggunanya untuk beriklan. Oleh karena itu anda harus mengetahui cara promosi lewat whatsapp yang efektif. Berikut ialah beberapa cara dan langkah yang harus anda perhatikan agar pemasaran via whatsapp bisa berjalan lancar.

Mengumpulkan Nomor Calon Pelanggan

Hal pertama yang harus anda miliki untuk menjalankan promosi via whatsapp ialah nomor calon pelanggan. Setelah anda memiliki kontak calon pelanggan, maka anda sudah mulai bisa melakukan pemasaran.

Cara untuk mengumpulkan nomor diantaranya ialah saat anda menggelar pameran, lewat sosial media dan lainnya. Saat anda melakukan pameran mintalah pengunjung untuk mengisi data diri terutama nomor telepon. Setelah itu anda bisa melakukan follow up kepada calon pelanggan.

Mengatur Pesan Sapaan Otomatis

Jika anda menggunakan akun whatsapp bisnis, terdapat fitur greeting message yang bisa anda manfaatkan. Anda memang tidak bisa selalu stand by handphone untuk menjawab pertanyaan pembeli. Padahal karena adanya whatsapp ini calon pembeli bisa menghubungi kapanpun saat mereka ingin.

Oleh karena itu anda perlu menggunakan fitur ini untuk menyapa calon pembeli yang menghubungi anda. Tidak hanya sebagai sapaan, anda juga bisa memberikan informasi promo pada periode tertentu.

Membuat Broadcast yang unik dan menarik

Sama seperti promosi pada berbagai media lainnya, promosi melalui whatsapp juga harus dibuat semenarik mungkin. Anda bisa mencari contoh broadcast whatsapp menarik yang bisa diaplikasikan untuk mempromosikan bisnis.

Buatlah pesan yang dapat menarik perhatian calon pelanggan sehingga mereka ingin membeli produk anda. Pelajarilah cara menulis broadcast yang baik dan bangunlah engagement dengan para pelanggan.

Kirim Pesan Pada Waktu yang Tepat

Meskipun anda memang ingin gencar melakukan promosi, namun perhatikan frekuensi pesan yang dikirim. Jangan sampai calon pelanggan merasa terganggu karena anda terus mengirimkan pesan yang sama berulang kali.

Oleh karena itu mengetahui waktu yang tepat untuk promosi di whatsapp sehingga promosi bisa lebih efektif. Menurut beberapa penelitian, waktu untuk melakukan promosi ialah senin – jumat pada jam kerja. Jadi maksimalkan waktu ini untuk melakukan promosi produk dengan baik.

Promosi di Social Media Lain

Untuk memaksimalkan promosi anda bisa menggunakan lebih dari 1 sarana, misalnya instagram. Namun pastikan anda memberi informasi yang akan membuat calon pelanggan langsung menuju whatsapp anda. Sehingga anda bisa langsung melakukan promosi dengan lebih dekat. Salah satu contohnya menggunakan Toko Whatsapp dari waorder.id yang akan memudahkan anda dalam berjualan di toko online yang langsung ke whatsapp tanpa ribet memasukan email dan lain lain.

Dengan cara ini orang orang bisa mulai chat akun whatsapp sehingga anda bisa menyimpan nomor. Para calon pelanggan ini akan mendapatkan promosi yang lebih intens di whatsapp dibandingkan melalui sosial media lainnya.

Bagaimana apakah kini anda sudah mengerti strategi marketing whatsapp yang baik dan benar? Meskipun strategi ini sangat dasar, namun jika anda memperhatikan dan mengaplikasikan dengan baik promosi akan berjalan dengan baik. Keuntungan dari bisnis anda pun perlahan lahan akan meningkat.

Comments are closed.