Pemrograman Komputer: Bekerja Dalam Tim

Pemrograman komputer membutuhkan pekerjaan yang sangat rumit. Ini adalah jenis pekerjaan yang berkembang pada detail dan orang-orang yang bekerja di bidang ini memahami bahwa tidak adanya elemen yang sangat kecil pun dapat menyebabkan perbedaan besar dalam hasil keseluruhan. Jika seorang programmer gagal untuk memperbaiki masalah ini, itu dapat menyebabkan kesalahan di telepon. Akibatnya, bug akan muncul di sistem dan kesalahan akan muncul di kemudian hari. Pemrograman juga membebani pekerjaan, membutuhkan berjam-jam penulisan, pengujian, dan debugging. Inilah sebabnya mengapa pemrograman komputer berkembang pesat dalam kerja tim. Tanpa kerja tim, satu program komputer bisa memakan waktu puluhan tahun untuk menyelesaikannya.

Meskipun seorang programmer memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menangani masalah secara kompeten atau bahkan membuat program, dia hanya dapat melakukan banyak hal. Membuat kode sumber untuk sistem operasi, misalnya, akan membutuhkan ribuan jam kerja dari seorang programmer dan kemungkinan besar, dia hanya akan setengah jalan. Tidak ada cukup waktu bagi satu atau bahkan dua programmer untuk bekerja secara efektif untuk menghasilkan program yang dapat digunakan.

Profil tim
Jadi, apa yang dimaksud dengan tim dalam pemrograman komputer? Sebuah tim biasanya dipimpin oleh pemimpin tim, seperti analis sistem atau programmer senior. Programmer senior biasanya adalah orang yang telah mengikuti pelatihan dan pengalaman bertahun-tahun. Tugasnya adalah untuk mengawasi tim, memimpin sesi curah pendapat dan pemecahan masalah, mendelegasikan tugas, memeriksa kebenaran pengkodean, memberikan saran dan rekomendasi, dan memimpin dalam debugging dan pemeliharaan perangkat lunak.

Pemimpin tim adalah orang yang menyatukan tim dan memastikan ada upaya yang terkoordinasi dengan baik yang akan mengarah pada hasil yang diinginkan. Semua anggota tim melapor kepadanya dan bergantung pada ukuran proyek, pemimpin tim mungkin memiliki asisten atau pemimpin lain untuk bekerja dengannya.

Tim ini biasanya terdiri dari programmer junior atau level awal, terutama mereka yang mungkin memiliki kualifikasi tetapi belum memiliki pengalaman selama bertahun-tahun. Bergantung pada keinginan pemimpin tim, programmer junior mungkin ditugaskan untuk mengerjakan tugasnya sendiri pada tugas yang lebih sederhana atau dia mungkin ditugaskan sebagai bagian dari grup. Grup ini mungkin terdiri dari programmer tingkat awal atau profesional yang lebih berpengalaman.

READ  Tata Cara Memilah Bidang Pelatihan PLC

Anggota tim dipilih berdasarkan keahliannya. Pada awal proyek, pemimpin tim, bersama dengan programmer senior lainnya, akan mencoba memecah masalah menjadi beberapa komponen, yang terdiri dari tugas-tugas. Tugas dapat bervariasi sesuai dengan kompleksitas dan fungsinya dan akan ditugaskan ke tim yang memiliki keterampilan untuk menyelesaikannya.

Jumlah programmer dalam sebuah tim bisa hanya 3 atau bisa puluhan bahkan ratusan. Sekali lagi, itu semua tergantung pada ukuran proyek dan ketersediaan sumber daya.

Kerja tim adalah komponen penting dari pemrograman komputer. Ini membantu mengumpulkan sumber daya kelompok dan membentuk upaya terkoordinasi untuk menghasilkan program atau perangkat lunak tertentu. Dalam beberapa kasus, seperti dalam proyek yang sangat besar, beberapa tim mungkin bekerja secara bergantian atau bergiliran, yang mengharuskan tim mampu mempertahankan koordinasi di antara mereka.

Kerja tim mendorong pemrograman komputer. Sebagian besar program dan perangkat lunak komputer yang kita nikmati saat ini – mulai dari sistem operasi hingga permainan video hingga teknologi yang menjalankan ponsel kita – diproduksi bukan oleh satu pemrogram tetapi oleh sebuah tim. Apa pun yang membuat penggunaan komputer dan bentuk teknologi lain menjadi jauh lebih mudah dan nyaman adalah sesuatu yang kami berutang kepada tim pemrogram komputer yang terlatih dan sangat terampil.

Refrensi : https://www.kelasplc.com/

Comments are closed.