Budaya Jakarta Yang Wajib Diperkenalkan Kepada Anak – Anak

Belajar mengenai budaya Kota Jakarta, bisa menjadi kegiatan yang mengasikkan bagi anak – anak. Apalagi budaya Indonesia banyak memiliki budaya yang unik – unik dan juga menarik. Disamping itu, banyak yang bisa dipelajari mulai dari kesenian, jenis tari, pakaian adat, tradisi, dan masih banyak lagi.

Budaya yang diajarkan tidak harus budaya yang jauh, kamu bisa memulai dari mempelajarai kebuadayaan yang berasal dari Kota Jakarta. Ini adalah kebudayaan Jakarta yang bisa kamu perkenalkan kenapa anak – anak.

Ondel – Ondel

Budaya Ondel – ondel adalah patung raksasa yang dijadikan sebagai salah satu ikon Kota Jakarta. Pemain Ondel – ondel ini biasanya ditampilkan berpasangan yaitu, ada pria dan wanita. Cara membedakan ondel – ondel adalah dengan melalui warna topeng yang digunakan.

Pria menggunakan topeng yang berwana merah dengan kumis dan cambang, serta pakaian yang dipakai oleh pria berwarna gelap. Untuk yang wanita mengenakan topeng putih dengan memakai gincu merah dan mengenakan pakaian berwarna terang. Keduanya dihiasi oleh kembang kelapa dan juga hiasan kepala khas melayu.

Ondel – ondel ini biasanya dibuat dengan rangka bambu, agar bisa dibawa dan dimasuki orang didalamnya. Buat sebgaian anak – anak hingga orang dewasa ondel – ondel ini mungkin menakutkan.

Tradisi Pencak Silat Jakarta

Jika anak tidak terlihat tertarik dengan budaya tari atau pakaian adat, mungkin kamu bisa mencoba budaya yang satu ini yaitu pencak silat. Seperti yang diketahui pencak silat adalah seni beladiri khas dari Jakarta, yang bagus dipelajari untuk membantu pertahanan diri anak.

Pencak silat ini memiliki banyak aliran yang berbeda – beda di setiap perguruannya. Tapi jangan khawatir, mungkin kamu bisa mulai memperkenalkan seni bela diri ini pada anak sejak mulai dari usia 4 tahun. Tradisi ini bagus untuk dipelajari karena sebagai salah satu cara melindungi diri anak dari hal yang tidak diinginkan. Dan sekaligus melestarikan budaya Jakarta.

READ  4 Syarat Boleh Berpergian Saat Mudik Dilarang

Tanjidor

Tanjidor adalah salah satu music betawai yang dimainkan oleh orang – orang untuk mempersembahkan pertunjukkan kepada menir – menir Belanda yang ada di Jakarta. Namun kini tanjidor dikenala sebagai salah satu music kesenian Betawi yang berbentuk orkes. Tanjidor ini dikembangkan oleh masyarakat Btewati itu sendiri yang tinggal di daerah Bekas dan Karawang.

Lenong Jakarta

Lenong adalah merupakan kebudayaan khas Betawi yang berupa lantunan Gambang kromong, dan disertai dengan lawakan. Hingga kini, Lenong masih terus berkembang dan merupakan ciri khas banyolan dari rangkaian cerita yang tidak berkaitan atau tidak beralur.

Pertunjukkan lenong menggunkan panggung yang ditata dengan dekorasi pendukung. Pertunjukkan lenong dibagi menjadi 3 bagian yaitu memainkan lagu pembukaan dengan irama cepat untuk mengundang para penonton datang, kedua memainkan lagu – lagu hiburan untuk para penonton. Pada awalnya lenong memainkan cerita tentang kerajaan dan baru kemudian berubah menjadi cerita dikehidupan sehari – hari.

Comments are closed.